Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Mungkin tidak asing lagi kalau Indonesia terkenal dengan pembajakan perangkat lunak dan cara pembelajaran yang instan. Btw, bukan itu yang akan saya tulis di sini.

Pernah dengar Extreme Programming? Nah ini adalah salah satu teknik pembangunan perangkat lunak dari Metode Agile yang instan tapi tetap kualitatif. Kualitatif karena para extreme programmer-nya itu memang senior-senior dan Cepat karena memang jam terbangnya sudah cukup banyak. Istilah saya adalah manusia yang sudah berisi berbagai macam prototipe perangkat lunak, sehingga pada saat duduk di depan komputer, ngoding-nya cepat sekali. Saya punya teman yang seperti ini dan memang luar biasa.

Metode pengembangan perangkat lunak Agile ini mungkin cocok diterapkan di Indonesia karena kegesitannya, iteratif dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang sering terjadi pada proyek perangkat lunak. Bukankan karakteristik perangkat lunak di Indonesia cenderung berubah, mulai dari proyeknya sampai kebutuhan user? (Proyek perangkat lunak memang menyebalkan, karena user atau customer dapat melakukan perubahan requirement sesukanya, apalagi di Indonesia. huh!). Pendekatan Agile ini juga kolaboratif dengan user atau customer, tapi bukankan ini yang menjadi momok para engineer perangkat lunak atau programmer?

Mungkin pada engineer perangkat lunak perlu belajar ilmu tentang user atau customer atau bahkan strategi memasarkan produk yang notabene ingin memuaskan customer. Tapi bukankan itu wilayah orang-orang ekonomi? Wah ntar berkurang dong pundi-pundi rejeki mereka, karena engineer merangkap marketing dan customer service.

http://lucent82.multiply.com/journal/item/3/Metode_Pengembangan_Perangkat_Lunak_Agile

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s