Evolusi Bahasa Pemrograman


  • Plankalkul

Bahasa pemrograman juga sudah ada pada sekitar  tahun 1945 yang bernama Plankalkul yang dibuat oleh ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse ( baca : Tsoo zuh), namun belum sempat diterapkan karena kondisi pada saat itu  sedang perang.

  • Pseudo-code

Pseudo-code adalah kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah.Pseudo-code sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan.Pseudo-code berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan (hampir sama dengan algoritma), hanya saja bentuknya sedikit berbeda dari algoritma.

Pseudo-code menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemrograman. Selain itu biasanya pseudo-code menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma.

  • Laning dan Zierler System

Bahasa ini diimplementasikan pada komputer Whilwind – MIT. Laning dan Zierler System merupakan bahasa yang menggunakan system compiler pertama di dunia. Selain itu bahasa ini juga mempunyai fasilitas translasi ekspresi dan pemanggilan fungsi. Kelemahannya adalah bahasa ini tidak pernah diporting ke mesin lain.

  • Fortran I

Pada tahun 1954, John Backus dan IBM mulai mengembangkan bahasa pemrograman FORTRAN (FORmula TRANslator). Bahasa FORTRAN merupakan bahasa pemrograman level tinggi pertama yang dikomersialkan. Pemrograman level tinggi maksudnya adalah perintah atau kodenya mudah dibaca dan dipahami oleh manusia. FORTRAN pada mulanya didesain untuk mengekspresikan humus matematika dan maiz merupakan bahasa matematika yang paling banyak digunakan. Bahasa ini juga berguna untuk aplikasi bisnis yang kompleks, seperti perkiraan (forecasting) dan pemodelan. Namur karena tidak mampu manangani operasi input/output atau pemrosesan file dalam volume besar, maka bahasa FORTRAN tidak digunakan untuk masalah bisnis yang biasa.

  • Fortran II

Pada tahun 1958, FORTRAN II dan ALGOL dipublikasikan bersamaan dengan diluncurkannya LISP. Sedangkan pada tahun 1959, bahasa pemrograman COBOL juga diluncurkan. Sejak saat itu perkembangan bahasa pemrograman berkembang sangat cepat.

Merupakan perbaikan dari generasi sebelumnya yaitu FORTRAN I. hal yang membedakan antara FORTRAN II dengan FORTRAN I adalah mengenai compilationnya. Dimana kita tahu pada FORTRAN I compilationnya tidak terpisah, sedangkan pada FORTRAN II ini compilationnya terpisah.

  • FORTRAN IV (1962)

Bahasa ini menggunakan deklarasi tipe eksplisif serta logical selection statement (Logical IF). Subprogram dapat menjadi  parameter. FORTRAN IV kemudian menjadi standar ANSI pada tahun 1968.

  • FORTRAN 77 (1978)

Secara umum, FORTRAN 77 merupakan perkembangan ke arah pemrograman terstruktur dibandingkan FORTRAN IV. Misalnya struktur IF THEN – ELSE – END IF yang semula belum ada pada FORTRAN IV mulai dimasukkan pada FORTRAN 77.
Tambahan fasilitas baru lainnya :
– Adanya variabel berjenis karakter (dengan spesifikasi CHARACTER) beserta fungsi-fungsi bawaannya (intrinsic function)
– Fasilitas penanganan unit input dan output (OPEN, CLOSE, INQUIRE)
– Pendemensian larik dengan indeks yang tidak harus positif (bisa nol atau negatif)

  • FORTRAN 90  (1990)

FORTRAN 90 sudah menggunakan modul-modul dengan akses private maupun public. Terdapat array dinamik. record dan pointer. FORTRAN 90 juga bersifat rekursif. Terdapat statement CASE, EXIT, dan CYCLE. Serta pengecekan tipe parameter.

  • ALGOL 58

Alasan dikembangkannya ALGOL 58 :

  1. FORTRAN terbatas untuk mesin IBM 70x.
  2. Bahasa-bahasa yang lain juga dikembangkan tetapi hanya untuk mesin tertentu.
  3. Tidak terdapat bahasa yang portable, semuanya bergantung pada mesin
  4. Tidak terdapat bahasa yang universal.

Tujuan dari bahasa ALGOL adalah bahasa ini mendekati notasi matematika, baik untuk mendeskripsikan algoritma, dan harus dapat ditranslasikan ke kode mesin.Fitur dari bahasa ALGOL :

  1. Menggunakan konsep tipe data secara formal.
  2. Nama variable tidak terbatas panjangnya.
  3. Index array tidak terbatas.
  4. Parameter dipisahkan oleh modenya (in dan out).
  5. Index ditempatkan dalam bracket (tanda [ ]).
  6. Mendukung compound statement (pernyataan majemuk) (begin…end).
  7. Tanda semicolon (titik koma, merupakan pemisah antar statement.
  8. Menggunakan operator assignment :=
  9. Statement IF mempunyai ELSE-IF (nested-IF)
  • ALGOL 60

Fitur baru pada ALGOL 6 adalah:

  1. Block structure (local scope).
  2. 2 model passing parameter (by name dan by value).
  3. Rekursi subprogram.
  4. Stack-dynamic array.

Meskipun ALGOL 60 merupakan penyempurnaan dari ALGOL 58 tetap saja ALGOL 60 belum mempunyai I/O dan string handling. Bahasa ini merupakan bahasa pertama yang syntaxnya didefinisikan secara formal. (Menggunakan BNF- Backus Naur Form/ Backus Normal Form). Karena dominasi FORTRAN di Amerika dan syntaxnya formal bahasa ini tidak dipakai secara luas.

  • COBOL (1960)

Singkatan dari COmmon Business Oriented Language. Tujuan desain COBOL adalah:

  1. Harus seperti bahasa Inggris yang sederhana.
  2. Mudah untuk digunakan.
  3. Harus dapat dipergunakan secara luas.
  4. Harus terbebas dari masalah implementasi compiler.
  5. Kontribusi terhadap perkembangan bahasa pemrograman :
  6. Fasilitas makro yang pertama dalam bahasa tingkat tinggi.
  7. Struktur data hirarki (record).
  8. Statement kondisi bersarang (nested selection statements).
  9. Nama variable dapat mencapai 30 karakter.
  10. Pembagian data.
  • BASIC (1964)

Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code dibuat oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. Walaupun struktur program ini jelek tetapi bahasa ini tergolong mudah untuk dipelajari. Dialek dari BASIC yang sekarang populer adalah  QuickBASIC dan Visual BASIC.

  • Pascal (1971)

Didesain oleh Niklaus Wirth, yang keluar dari tim ALGOL 68. Merupakan bahasa yang dikembangkan dari ALGOL 68. Didesain untuk pengajaran pemrograman terstruktur. Kecil dan mudah, tidak terdapat hal yang benar-benar baru. Tetap menjadi bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk mengajarkan pemrograman di universitas-universitas.

  • Prolog (1972)

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-prosedural. Namanya diambil dari bahasa perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alanin Colmerauer dan Robert kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankankomputer.

Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal,  Basic, Cobol  dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

  • C (1972)

Didesain untuk pemrograman system oleh Dennis Ritchie dari Bell Labs. Dikembangkan dari bahasa B dan ALGOL 68. Memiliki operator yang banyak, tetapi dari segi pengecekan tipe data (type checking) kurang baik. Didistribusikan bersama system operasi UNIX.

  • Smalltalk (1972-1980)

Dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (Xerox PARC), oleh Alan Kay, kemudian dilanjutkan oleh Adele Goldberg. Merupakan bahasa yang pertama kali mengimplementasikan  konsep object-oriented (data abstraction, inheritance, dan dynamic type binding). Merupakan pionir dari GUI (Graphical User Interface).

http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=6&ved=0CDgQFjAF&url=http%3A%2F%2Fimages.w1znu.multiply.multiplycontent.com%2Fattachment%2F0%2FSwVpPAoKCEgAAAs7a6Q1%2FEvolusi%2520Bahasa%2520Pemrograman.doc%3Fnmid%3D298638219&rct=j&q=evolusi+bahasa+pemrograman&ei=dmIaTLPLLMvJcZXLhJ0K&usg=AFQjCNHU9QVSW_umzbD6xK9ic1KrZ04cIw

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s