Apa sih sebenarnya Network ?

Network.. ?? apa sih ??
Banyak orang bilang Network itu adalah jaringan. atau network adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card, serta dikontrol melalui network operating system.
Klo menurut aq sih network itu…?? selama aq masih bisa conect ke Internet itu namanya network… atau juga selama aq masih bisa conect ke jaringan antar kosan.hahaha…..

Para user yang conect ke sebuah network dapat saling bertukar data atau program, serta dapat menggunakan data atau program itu bersama-sama dalam waktu yang sama. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tugasnya dapat diambil alih oleh komputer lainnya.

menurut kamusilmiah.com
Network terdiri dari :
SERVER/HOST
Yaitu sebuah komputer yang bertindak sebagai pusat dan bertugas melayani komputer-komputer lain yang terhubung kepadanya. Ia bisa berupa PC atau Mini. Umumnya komputer server dirancang memiliki kemampuan yang lebih besar dibanding PC biasa. Server bisa dipasangi lebih dari satu processor dan kapasitas memori serta hard disknyapun lebih besar. Processor untuk serverpun ada yang khusus seperti Intel Xeon.
CLIENT/WORKSTATION/TERMINAL
Merupakan komputer yang terhubung ke server. Komputer ini berupa PC biasa dan melakukan tugas-tugas yang umum seperti mengetik, membuat tabel, membuat program dan sebagainya. Kelebihannya ia dapat berkomunikasi dengan sesama client ataupun dengan server, dengan demikian ia dapat mengambil ataupun mengirim data. Client juga bisa memakai printer yang berjauhan letaknya. Client juga dapat bertugas sebagai host apabila ada lebih dari satu client terhubung kepadanya.
NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
Dipasang pada mainboard. Setiap komputer yang terlibat dalam network wajib dilengkapi NIC ini. Ia bertugas menjembatani pengiriman dan penerimaan data yang berjalan antara komputer tempat ia dipasang dengan komputer lain didalam jaringan.
KABEL
Merupakan media transmisi yang paling umum digunakan untuk suatu komunikasi. Sekarang ini sudah ada wireless LAN yang menggunakan sinar infra merah (infrared) untuk mengirimkan data.

Ada tiga kategori network :
LAN (Local Area Network)
Suatu jaringan komputer yang berada dalam satu wilayah (satu gedung atau satu organisasi yang sama).

WAN (Wide Area Network)

Memiliki jangkauan yang lebih luas dari LAN, bisa antar kota atau antar negara.

MAN (Metropolitan Area Network)

Menghubungkan sejumlah LAN dalam suatu area geografis, namun masih lebih kecil dari WAN. Biasanya untuk mengatur komunikasi atau lalulintas dalam sebuah kota. Telkom dan TV kabel adalah dua dari pengguna MAN.

sumber : kamusilmiah.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s