Tutorial installasi wordpress offline

WordPress tidak hanya bisa dijalanan secara online namun juga secara offline. Namun, disamping bisa dijalankan secara 0ffline pasti ada kelebihan- kelebihan yang dapat kita peroleh. Keutungan- keuntungan tersebut adalah:

  1. WordPress offline lebih hemat bandwidht, sehingga membuat loading kita lebih cepat
  2. WordPress offline dapat kita kostumisasi tanpa batasan. Tidak seperti online yang jika kita ingin mengedit halaman kita, hanya dapat diperoleh jika kita menggunakan wordpress versi berbayar
  3. WordPress offline baik digunakan untuk blogger wordpress yang jarang online, sehingga walaupun tidak ada koneksi kita masih bisa mengedit halaman wordpress kita
  4. WordPress offline lebih hemat biaya, karena tidak menggunakan internet yang aktif

Nah, agar dapat menggunakan wordpress offline, maka dapat kita lakukan langkah- langkah berikut:

  1. Install terebih dahulu aplikasi XAMPP dan CMS WordPress, software- software tersebut dapat kita peroleh dari internet. XAMPP dapat digunakan untuk menginstall berbagai CMS (Content Management System) seperti Joomla, Drupal, Wordpres, dll. Di XAMPP juga terdapat PHPMyAdmin yang didalamnya kita bisa membuat nama database yang nanti bisa digenerate oleh CMS.
  2. Setelah menginstall XAMPP, buka browser internet dan ketik http://localhost. Kemudian, logo XAMPP akan muncul dan tanda bahwa XAMPP telah siap digunakan.
  3. Pada direktori XAMPP (tempat anda menginstall XAMPP, normalnya terletak pada drive C) cari folder htdocs.
  4. Extract wordpress yang telah anda download tadi ke dalam folder tersebut.
  5. Setelah diextract, maka ketikkan pada browser anda http://localhost/wordpress. Lalu akan muncul gambar, dan klik Create a Configuration File.
  6. Pada halaman tersebut disebutan bahwa kita harus memiliki database. Untuk membuat database kita harus masuk ke phpMyAdmin XAMPP dengan cara mengetikkan http://localhost/phpmyadmin.
  7. Pada kolom create new database, ketikkan nama database yang diinginkan. Kemudia klik tombol create. Database berhasil dibuat.
  8. Kembali ke menu utama phpmyadmin. Selanjutnya kita akan membuat username database. Klik menu privilages, pilih add a new user. Lalu isi kolom- kolom yang tersedia dan beri tanda centang pada Grant all privileges on wildcard name (username\_%)
  9. Klik tombol go dan username selesai dibuat!
  10. Kembali pada instalasi wordpress. Isi database yang telah kita buat tadi pada kolom- kolom yang terdapat selanjutnya.
  11. Ikuti langkah- langkah selanjutnya hingga selesai.
  12. Setelah selesai, segera ganti password login anda karena password yang diberikan pertama kali adalah password secara random. Ganti password pada menu profile.

kutipan dari: http://www.antoro.net/xampp-bermain-wordpress-offline-di-komputer-rumah.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s